Minggu, 17 Januari 2016

Mengenal Operator Matematika di Microsoft Excel 2007 [Lengkap]

Assalamualaikum Wr.Wb.



Eltron26- Kali ini Eltron26 akan memberikan Informasi tentang Mengenal Operator Matematik di Microsoft Excel 2007. Mengapa kalian harus belajar Operator Matematika dalam memperdalam ilmu Excel ?? Karena Operator Matematika dan Operator statistika  merupakan hal inti dalam program Microsoft Excel, Yaitu mengolah angka. Dengan mengolah angka-angka, kita dapat dengan mudah menghitung dalam jumlah yang sangat banyak hanya dengan memberikan sedikit perintah-perintah kepada program. Baiklah, untuk melanjutkan pembahasan ini baca dengan teliti penjelasan serta tutorial berikut.

  Operator Matematika

  
    Dalam bahasa pemrograman Operator Matematika adalah simbol yang digunakan untuk melakukan operasi terhadap nilai data. Operator dalam bahasa pemrograman juga dapat berupa karakter atau-pun berupa kata-kata khusus yang melambangkan suatu operasi tertentu, Contohnya di Microsoft Excel berlaku karakter-karakter seperti berikut.
Untuk operasi Penjumlahan maka karakter yang digunakan adalah ( + ) , Pengurangan ( - ) , Pembagian ( / ) , Perkalian ( * ) , dan Perpangkatan ( ^ ).


  • Penjumlahan

          Penjumlaha ( + ) digunakan untuk melakukan operasi tambah pada bilangan. Kalian dapat melakukan opearsi ini dengan Rumus atau Sintaks :
= Bilangan 1 + Bilangan 2 atau = Nama Sel yang berisi angka + Nama Sel lain yang berisi angka.
Contohnya :
Di gambar bawah Eltron akan menjumlahkan 4 dengan 6 maka Eltron menulis rumus di Sel yang kosong dengan = 4 + 6 ENTER atau =  Klik pada Sel yang ada angka 4  + Klik pada Sel yang ada angka 6, Lalu Enter.

Setelah menambahkan karakter ( + ) klik pada nama sel selanjutnya lalu tekan ENTER


  • Pengurangan

          Pengurangan ( - ) digunakan untuk melakukan operasi Pengurangan terhadap bilangan. Kalian juga dapat melakukan nya dengan rumus atau sintaks berikut :
= Bilangan 1 - Bilangan 2 atau = Nama Sel yang berisi angka - Nama sel lan yang berisi angka
Contoh :
Gambar di bawah Eltron akan mengurangi 6 dengan 4 maka Eltron menulis rumus di Sel yang kosong dengan = 6 - 4  ENTER atau = Klik pada Sel yang ada angka 6 - Klik pada Sel yang ada angka 4, Lalu Enter.


  • Perkalian

          Perkalian ( * ) digunakan untuk melakukan operasi Kali pada bilangan. Kalian dapat melakukan operasi dengan menggunakan rumus atau sintaks berikut :
= Bilangan 1 * Bilangan 2 atau = Nama Sel yang berisi angka * Nama sel yang berisi Angka
Contohnya :
Eltron akan Melakukan operasi kali pada bilangan 4 dengan 6 maka Eltron akan menulis rumus di Sel yang kosong dengan = 4 * 6  ENTER atau = Klik pada Sel yang ada angka 4 * Klik pada Sel yang ada angka 6, Lalu Enter.

  • Pembagian

          Pembagian ( / ) digunakan untuk melakukan operasi Bagi pada bilangan. Kalian dapat melakukan operasi dengan menggunakan rumus atau sintaks berikut :
= Bilangan 1 / Bilangan 2 atau = Nama Sel yang berisi angka / Nama Sel yang berisi angka
Contohnya :
Eltron akan membagi bilangan 6 dengan 4 maka Eltron akan menulis rumus di Sel yang kosong dengan = 6 / 4  ENTER atau = klik pada Sel yang ada angka 6 / Klik pada Sel yang ada angka 4,Lalu Enter.


  • Perpangkatan

          Pangkat ( ^ ) digunakan untuk melakukan operasi Pangkat pada suatu bilangan. Kalian dapat melakukan operasi pangkat dengn menggunakan rumus atau sintaks berikut :
= Bilangan 1^Bilangann 2 atau = Nama Sel yang berisi angka^Nama Sel yang berisi angka
Contohnya :
Eltron akan memberi pangkat pada bilangan 5 dengan bilangan 2 maka Eltron akan menulis rumus di Sel yang kosong dengan = 5^2  ENTER atau Klik pada Sel yang ada angka 5^Klik pada Sel yang ada angka 2, Lalu Enter.

Bagaimana ?? Penjelasan di atas sudah sangat jelas bukan ?? Kalian hanya perlu terbiasa dengan rumus-rumus di atas .. Sebenarnya kalian hanya butuh waktu yang sedikit untuk membiasakan diri dengan rumus-rumus di atas, karena rumus-rumus diatas merupakan Dasar-dasar Matematika. Jika kalian membutuhkan bantuan atau kalian ingin bertanya sesuatu pada Eltron bisa hubungi Eltron di Contack Me.
Baiklah, Sekian saja informasi yang apat Eltron bagikan kepada kalian semua, Semoga informasi ini dapat membantu. Informasi ini memang sebuah dasar, Eltron hanya memberikan bagi yang awam di dunia Komputer. 



TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG



EmoticonEmoticon