Jumat, 05 Februari 2016

Cara mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop [Lengkap]

Assalamualaikum Wr. Wb.



Eltron26- Kali ini Eltron akan berbagi ilmu komputer sedikit lagi yaitu mengenai " Cara mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop". Untuk mengecek spesifikasi komputer atau laptop cukup mudah, kalian tidak harus memiliki software - software yang harus di download. Cara ini dapat kalian gunakan ketika kalian ingin mengecek spesifikasi komputer yang baru dibeli sesuai atau tidak dengan pesanan kalian. Dapat juga untuk mengecek Support atau tidaknya suatu program atau mungkin game yang ingin digunakan.
Untuk cara mengecek ada beberapa cara yang dapat digunakan, menggunakan Software atau pun tidak menggunakan software. Diantaranya Sebagai berikut.

  • Cek menggunakan Properties
  • Cek menggunakan CPU Z
  • Cek menggunakan Dxdiag

Cek Menggunakan Properties


Untuk cara yang pertama, kalian tidak membutuhkan software. Cara ini sangat mudah untuk melihat Spesifikasi komputer dan laptop kalian jika hanya untuk keperluan melihat RAM,Processor, dan OS ( Sistem Operasi).

Langkah-langkah :

1. Klik pada Star Menu / Bisa menggunakan tombol ber-logo Windows di keyboard.
2. Di bagian Computer, klik kanan.
3. Lalu pilih Properties.
4. Maka tampilan akan seperti berikut.
Gambar 1.1 Spesifikasi Laptop menggunakan Properties


Cek Menggunakan CPU Z


Cara ini membutuhkan sebuah software/Program berukuran kecil. Kalian bisa mendownload-nya di Official Website CPU Z File hanya berukuran 2,34 Mb. Support untuk 32 Bit dan 64 Bit. Cara ini sangat cocok sekali bagi kalian yang ingin melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop kalian secara lengkap Keseluruhan.

Langkah-langkah:

1. Buka CPU Z
2. Tanpa klik apa-apa lagi sudah langsung terbuka semua Spesifikasi Komputer dan Laptop kalian dengan Lengkap..
3. Tampilan-nya seperti berikut.
Gambar 1.2 Tampilan aplikasi CPU Z 


Cek menggunakan Dxdiag


Cara ini sangat Eltron sarankan, Mengapa ? Karena kalian tidak usah Mendownload lagi software seperti CPU Z namun kalian dapat melihat Semua Spesifikasi Komputer dan Laptop kalian secara Menyeluruh, Bahkan Sound yang kalian gunakan pun terdeteksi, VGA, BIOS, Dan Lain-lain. Kalian juga dapat menyimpan Spesifikasi komputer kalian dari Dxdiag ke dalam Format Txt. ( Notepad ).

Langkah-langkah:

1. Tekan tombol yang ber-logo Windows di Keyboard dan tekan juga Huruf "R" Secara bersamaan. Atau menggunakan cara manual dengan Menulis Run di Seacrh program and File di bagian Star Menu.
2. Maka akan muncul sebuah form baru. Lalu ketika Dxdiag, Enter.
3. Maka akan tampil semua Spesifikasi komputer dan Laptop kalian.
4. Selesai..

Gambar 1.3 Spesifikasi Laptop Menggunakan Dxdiag

Penutup


Mengecek Spesifikasi sebuah komputer juga merupakan ilmu yang sangat penting dalam memperdalam ilmu komputer kalian. Mengapa ? Karena jika kalian tidak mengetahui secara detail spesifikasi komputer dan Laptop kalian, kalian akan merasa bingung ketika ada sebuah program yang ingin kalian pasang di komputer namun tidak bisa kalian buka. Salah satu sebabnya ialah ketidak Support dari program tersebut dengan Spesifikasi Laptop kalian.
Baiklah, sekian saja informasi yang dapat Eltron berikan kepada kalian. Semoga dapat membantu kalian dalam memperdalam ilmu komputer kalian.

Baca Juga : Video Tutorial Metode Compress Menggunakan WinRar


Terima Kasih Telah Berkunjung

2 komentar

Thanks gan :D mayan,buat cek spesifikasi Mbak Leno (Laptop Lenovo) gua ^_^

oke langsung saya praktekkin,soalnya suka lupa sama spek pc sendiri :D


EmoticonEmoticon