Jumat, 26 Februari 2016

Mengenal Bahasa Pemrograman PHP [Pengertian,Sejarah,Latihan Sintaks]

Assalamualaikum Wr.Wb.


Eltron26-Kembali lagi dengan Eltron, kali ini Eltron akan memberikan sebuah penjelasan dari salah satu bahasa pemrograman Web yaitu PHP (Hypertext). Bagi para programmer pasti sudah tidak asing dengan PHP..

Apa itu PHP ?

PHP (Hypertext) adalah bahasa pemrograman yang paling sering digunakan oleh Programming Web karena merupakan pemrograman Opensource, sehingga para programmertidak perlu membeli lisensi untuk membuat aplikasi web.


Bagaimana Sejarah Perkembangan PHP

RASMUS LERDORF merupakan orang yang membuat bahasa PHP pada tahun 1995. Pada tahun itu, PHP bernama FI(Form Interpreted) yang merupakan sekumpulan scrip,digunakan untuk mengolah data form dari web. Perkembangan selanjutnya, Rasmus akhirnya melepas kode sumber tersebut dan memberikan nama PHP (Personal Home Page). Dengan berubahnya kode program menjadi opensource, maka banyak programmer  yang tertarik dalam mengembangkan PHP.
Versi pertama PHP adalah PHP 2.0 yang dirilis pada bulan November 1997, rilisan pertama ini, Interpreter sudah dapat diimplementasikan ke dalam bahasa C beserta modul ekstensi yang membuat PHP menjadi menarik.
Ditahun yang sama, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih cepat. Sehingga Juni 1998 perusahaan tersebut merilis versi terbaru PHP 3.0 dan mengubah kepanjangan PHP menjadi HypertextPreprocessor.
Selanjutnya, di pertengahan tahun 1999 Zend merilis versi baru PHP 4.0 yang merupakan versi PHP yang paling banyak digunakan oleh Programmer karena dapat membuat aplikasi web yang lebih kompleks tetapi memiliki kecepatan proses dan stabilitas yang tinggi.
Perkembangan berikutnya, Zend akhirnya merilis PHP versi baru lagi yaitu PHP 5.0 Pada Juni 2014. Versi kali ini merupakan versi yang paling Mutakir dan sudah menerapkan model pemrograman berorientasi objek yang merupakan model yang paling banyak digunakan di semua bahasa pemrograman.
Yang terakhir PHP Group kini sudah merilis versi terbaru dari PHP yaitu versi 7.0.2. dengan keistimewaan yang memanjakan para programmer.

Software yang dibutuhkan

Secara menyeluruh PHP sebenarnya membutuhkan banyak software-software. Namun kini sebuah perusahaan bernama Apache Friends membuat sebuah Perangkat Lunak Opensourceyang dapat digunakan secara Free (Gratis) dan dapat digunakan di OS (Sistem Operasi) seperti ; Linux, Windows, Mac, dan Solaris. Software tersebut bernama XAMPP, XAMPP berisi kumpulan dari beberapa Perangkat Lunak yang dibutuhkan oleh PHP, Apache, MySQL, Dan PHPMyAdmin. Versi terbarunya adalah 7.0 . Untuk menginstal XAMPP sebagiknya kalian baca dan lihat Video yang Eltron buat, karena ada beberapa hal yang penting dalam instalasi XAMPP. Untuk download bisa kunjungi http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html
Software yang perlu digunakan lagi adalah Notepad++ (Recomendasi) jangan menggunakan Notepad biasa karena sulit nantinya. Untuk download Notepad++ bisa kalian download di https://notepad-plus-plus.org/download/v6.9.html 

Dasar-dasar PHP

Untuk dasar-dasar kita langsung ke Sintaks nya saja ya, Karena penjelasan Eltron anggap Kalian Sudah bisa mengerti.
INGAT ! Ketika ingin membuat menulis Sintaks dan mencoba di web kalian harus Instal XAMPP terlebih dahulu dan menjalankannya . Dan Tulis Sintaks di Notepad++ saja agar Mudah !
Untuk menulis PHP harus diguanakn Simbol khusu awal dan simbol khusus akhir yang disebut dengan Tag khusus.. Tag yang diguanakan PHP ada 4 yaitu :

<? echo “Sintak PHP”; ?>

<?php echo “Sintak PHP”; ?>

<?=echo “Sintaks PHP”; ?>

<% echo “Sintaks PHP”; %>

Note :
<? echo   adalah Tag khusus bagian awal

“Sintak PHP”   adalah isi Sintaksnya

;?>   adalah Tag khusus bagian akhir
Bagitu juga yang lainnya..
CARA KE 3 DAN 4 TIDAK DIRECOMENDASIKAN KARENA ADA BEBERAPA SERVER YANG TIDAK MENGENALI TAG TERSEBUT.. Eltron Sudah Cek.


Contoh Cara penulisan PHP [Latihan]


Gambar 1.0 Koneksikan dahulu Apache di XAMPP Control Center
Gambar 1.1 Contoh penulisan Sintaks menggunakan Notepad++

Gambar 1.2 Save Sintaks tersebut dengan nama Latihan 1.php (Pastikan ada .php di akhir nama)

 
Gambar 1.3 Tuliskan pada web browser (kondisi conect ke Internet) http://localhost:80/Latihan1.php  Lalu Enter.



Gambar 1.4 Maka Sebuah bahasa PHP Telah diterapkan .. dengan Hasil seperti diatas.

Note:

  •  Langkah diatas sebaiknya kalian Coba.. Untuk Permulaan..
  •  Kalimat “CARA MENULIS PHP YANG BENAR” bisa kalian ganti untuk coba-coba. Kalimat tersebut adalah Judul (Title)
  • Kaliamat “SELAMAT DATANG BAGI YANG BELAJAR PHP” Bisa kalian ganti Untuk Coba-Coba, kalimat tersebut adalah Isi
  •   Untuk Localhost kalian gunakan standard 80. Namun jika dalam menginstal XAMPP kalian terdapat masalah dan kalian mengganti Localhost di httpd.conf. yang berada di folder C:\xampp\apache\conf . maka ikuti localhost yang ganti tersebut.. 

Penutup

Sebagai Penutup Eltron sekali lagi mengingatkan kepada kalian agar mengikuti langkah-langkah di atas sebagai latihan Permulaan kalian.. PHP (Hypertext) adalah bahasa pemrograman yang cukup mudah setelah HTML, dan Visual Basic menurut Eltron.
Baiklah Sekian saja Informasi yang dapat Eltron sampaikan semoga dapat membantu kalian dalam mempelajari Bahasa Pemrograman PHP..




Terima Kasih Telah Berkunjung

5 komentar

Wah ternyata PHP sejarahnya banyak,,,
Ane sudah pernah menggunakan xampp,, tapi lebih T.O.P Ampss. Terima Kasih infonya Mas

susah juga ya klo belajar bahasa program,,tapi patut di coba nih buat pengalaman,,nice info gan

wah kebetulan sekali ane lagi belajar php, makasih gan informasinya

Good min, tambah lagi dasar phpnya


EmoticonEmoticon