Sabtu, 14 November 2015

Alat Bantu ( Utility )

Pengertian Alat Bantu ( Utility )
   Utility adalah Program atau Software yang memiliki fungsi membatu kerja Sistem Operasi agar Sistem Operasi dapat melakukan pekerjaannya lebih ringan.


Macam-Macam Utiliy 

   Utility sangat banyak sekali,karena setiap Sistem Operasi memiliki Utility masing-masing,bahkan anda sendiri dapat membuat Utility sendiri melalui software yang dibuat oleh sistem operasi tertentu. Beberapa Utility yang sering ditemui adalah sebagai berikut.


Logo CCleaner

1. CCleaner , Merupakan Utility gratis yang memiliki fungsi untuk mengoptimalkan komputer,membersihkan Registry, Mengatur Startup,Dan lain-lain. CCleaner ini juga dapat membersihkan cache yang ditinggalkan oleh beberapa program yang menjalankan internet, seperti , IE ( Internet Explorer ), Firefox, Crome, Dan lain-lain . CCleaner dapat di gunakan di Sistem Operasi; Windows XP,dan windows yang lebih tinggi, Mac OS X 10.5, dan Mac Os yang lebih tinggi.







Logo Disk Defragmenter

2. Disk Defragmenter, Merupakan Utility bawaan Microsoft Windows yang dapat digunakan dengan bebas kapanpun oleh pengguna Sistem Operasi Windows. Utility ini memiliki fungsi yang cukup mengagumkan, karena utility ini dapat menata ulang file yang tersimpan pada harddisk untuk menempatkan berdekatan dengan lokasi penyimpanan, teknik ini disebut Defragmentasi. Utility ini juga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuka file , mengurangi waktu yang dibutuhkan waktu Startup.





Logo Avast!

3. Antivirus Avast!, Merupakan salah satu dari banyak antivirus yang sering kita jumpai. Sebenarnya semua antivirus disebut utility. Avast ini di kembangkan oleh Alwill Software. Jika kalian ingin mengetahuinya ataupun mendownloadnya silahkan kunjungi website resminya  di https://www.avast.com 








Logo Nero
  4. Nero Burning, Merupakan Utility yang memiliki fungsi utama membakar data pada CD , DVD, bahkan Blue Ray. Namun utility ini saat ini sudah jarang kita temui karena banyak utility yang memiliki fungsi utama sama seperti Nero hanya saja banyak yang lebih berkualitas lagi. Nero hanya dapat digunakan di Sistem Operasi Microsoft Windows.










Fungsi Utility

  Dari Macam macam utility di atas ,pasti kalian sudah mengerti apa sebenarnya fungsi Utility itu, Berikut Eltron memberi tahu beberapa utility yang lainnya.

  1. Dapat Memeriksa Perangkat Keras
  2. Memeriksa disket/flash disk yang rusak
  3. Mengatur Ulang Isi Harddisk
  4. Membantu pengoperasian Komputer
  5. Membuat Duplikat Disk/File
  6. Membuat/Menghapus proteksi software
  7. Menguji Kekebalan Komputer
  8. Memperbaiki File.Disk yang Rusak
  9. Dan masih banyak lainnya.
Ok, Sekian Informasi yang dapat Eltron berikan tentang Alat Bantu ( Utility ) Semoga Dapat Bermanfaat.

Terimakasih Telah Berkunjung

1 komentar so far


EmoticonEmoticon