Kamis, 11 Februari 2016

Cara Menyimpan Project Visual Basic dengan Format .Exe

Assalamualaikum Wr. Wb.

Icon Make Visual Basic to Format Exe

Eltron26- Tutorial Visual Basic selanjutnya adalah " Cara Menyimpan Project Visual Basic dengan Format .Exe" Sebelum membahas ke tutorial-nya, sebaiknya kita mengetahui dahulu apa sebenarnya format .Exe tersebut..

Apa Itu Format .Exe ?

     .Exe adalah sebuah ekstensi program yang digunakan untuk menjalankan program. Contohnya, Kalian mempunyai sebuah program kalkulator, untuk menjalankan program tersebut maka program tersebut harus sudah ber-ekstensi .Exe
Untuk Visual Basic jika kalian menyimpan dengan cara default yaitu Ctrl+S atau menggunakan Simpan Project, maka hasilnya bukan sebuah program yang dapat dibuka langsung. Melainkan sebuah project yang kalian buat, yang nantinya akan masuk ke program Visual basic.

Apa Kelebihan .Exe ?

     File yang ber-ekstensi .Exe sangat mudah digunakan dan sangat cocok sekali untuk sebuah program, karena kalian hanya harus klik dua kali pada Icon Program maka program tersebut langsung berjalan..

Apa Kelemahan .Exe ?

     Waduh ? ada kelemahannya ?? Ya.. Format .Exe ini sangat berbahaya bukan bagi yang menciptakan, namun bagi yang menggunakan. Bahayanya adalah ketika ada seseorang yang memiliki sifat jahat yang berencana ingin merusak komputer kalian atau menyusup komputer kalian. Maka di file .Exe tersebut sangat sering digunakan bagi mereka karena kemudahan-nya itu, sehingga ketika kalian membuka sebuah file .Exe yang telah terinfeksi Malware atau virus itu maka Malware dan virus tersebut langsung menyerang komputer kalian.. Ini adalah sebuah Peringatan , jangan menerima file .Exe dari orang yang masih belum jelas !! Namun, kalian dapat mencegahnya dengan menggunakan Antivirus.

NB :Untuk kekurangan ini, Jarang sekali yang terjadi ..

Langkah-langkah menyimpan Project VB dengan Ekstensi .Exe


- Setelah kalian sudah membuat program di Visual basic, maka klik File di bagian Menu
Gambar 1.0 Make Project.Exe

- Lalu, pilih yang bertulisan "Make Project1.exe" atau sesuai nama project yang kalian buat, misalnya "Make Kalkulator.exe"

- Lalu cari folder manakah yang akan di isi file Exe tersebut.
Gambar 1.1 Lokasi penyimpanan

- Klik Save

- Selesai, maka Program dapat dijalankan hanya dengan klik dua kali pada Icon Program tersebut.


Penutup

     Untuk cara menyimpan ini kalian harus mengetahuinya karena ini adalah cara yang seharusnya kalian gunakan ketika program yang kalian buat sudah sempurna dan sudah waktunya digunakan..
Baiklah sekian saja Tutorial yang dapat Eltron bagikan kepada kalian semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu tentang Visual Basic kalian..


Terima Kasih Telah Berkunjung

7 komentar

ternyata file.txt itu berbahaya juga ya...! trimaks banyak tas infonya gann...blognya ane suka gan..

Mantep bro artikelnya, pas buat ane yang baru belajar vb6

pemrograman kesukaan ane nih, visual basic. thanks ilmunya om :D

virus gaan :-s , berulang di save virus muluuu, solusi nya gan?
makasiih

ga ada pilihann make project1.exe


EmoticonEmoticon