Rabu, 10 Februari 2016

Pengenalan Dasar-dasar Visual Basic 6.0

Assalamualaikum Wr.Wb.


Rabu, 10 Februari 2016
Eltron26- Kali ini Eltron akan berbagi sedikit ilmu yang lumayan tinggi tingkatannya walaupun belum terlalu tinggi tapi lumayan berpikir keras nih .. Ya, sesuai judulnya Eltron akan memberikan penjelasan tentang Dasar-dasar Visual Basic..

Apa Itu Visual Basic ??

     Visual Basic adalah bahasa Pemrograman yang sangat mudah dipelajari dan dimengerti meskipun oleh orang yang baru saja belajar membuat program . Itulah salah satu alasan kenapa Eltron membuat Artikel ini.
Dengan teknik pemrograman visual yang memungkinkan penggunanya untuk membuat kreasi yang lebih baik dalam memproduksi suatu program. Hal ini terlihat dari dasar pembuatan dalam visual basic, yaitu FORM. dimana dengan Form ini pengguna dapat mengatur tampilan form kemudian dijalankan oleh script yang mudah.

Dimana Kita dapat mendapatkan Program Visual Basic ?

     Jika masih terbayang di benak kalian tentang pertanyaan di atas, maka Eltron akan memberikan Software nya.. Kalian dapat download datanya di Google atau langsung Email saja ke Eltron di Contact. akan Eltron berikan sedikit pengetahuan tambahan bagi yang meminta langsung Via Email..

Mengenal Tampilan Awal Visual Basic 6.0

Pada tampilan Awal Visual Basic 6.0 terdapat beberapa interface diantaranya :
- Menu
- Toolbar
- Toolbox
- Form
- Form
- Project Explorer
- Property
       Lebih jelasnya seperti tampilan berikut.

Gambar 1.0 Tampilan depan Visual Basic 6.0

Yang akan Eltron jelaskan hanya Toolbox dahulu, karena proses ini masih dalam pengenalan.. Toolbox yang paling penting diingat.. Agar mudah mengingatnya kalian dapat melihat gambar berikut.

Gambar 1.1 Nama-nama Tool Box

Disini Eltron tidak akan memberi tahu apa fungsi masing-masing karena yang sangat sering digunakan bagi dasar hanya Text Box, Label, Frame, Command Button, Option Button, dan List Button. Semua tool tersebut seharusnya kalian sudah mengetahui melalui logika kalian dengan mengartikan ke bahasa Indonesia.

Konsep Pemrograman Visual Basic


Konsep dasar dari Visual Basic adalah pembuatan form dengan mengikuti aturan pemrograman Property, Metode, dan Event.

Property

     Setiap komponen di dalam pemrograman Visual Basic dapat diatur properti-nya sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang ingin dibuat. Menurut Eltron arti lebih jelasnya adalah Style atau gaya.. dengan menggunakan Property maka kalian akan mengedit sebuah script. Contoh dari Property diantaranya :
Command1.Caption="Keluar"
Text1.text="Masuk"
Text2.text="Visual Basic"
Label1.Enable=True
Label2.Visible=False

Metode

     Dengan menggunakan metode kita dapat mengatur aksi dari setiap komponen. Metode ini tempat untuk mengekspresikan logika pemrograman dari pembuatan suatu program.

Event

     Setiap komponen dapat beraksi melalui event, contohnya Command1_Click, maka dapat diartikan setiap kalian mengklik Command1 maka akan terjadi blalalala.... . Pengaturan event dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.

Langkah-langkah membuat Project Baru

     Jika kalian sudah mengerti teori-teori di atas , maka hal selanjutnya yang kalian lakukan adalah Membuat Project Baru. Eltron yakin, semua pengguna pasti mengetahui cara membuat Project baru. Namun Eltron akan memberikan langkah-langkahnya bagi yang belum mengetahui caranya. Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka program Visual Basic terlebih dahulu..
2. Maka akan menampilkan tampilan seperti berikut.
Gambar 1.2 Tampilan daftar Project

3. Klik Standard EXE , Lalu OK..

Atau bisa juga menggunakan langkah berikut, bagi kalian yang tidak tampil form yang seperti diatas..

1. Klik File di bagian Menu..
2. Lalu New Project ..

Bisa juga dengan Menekan Ctrl+N..


Jenis-jenis Project yang terdapat di Visual Basic

     Terdapat 13 Jenis Project yang tersedia di Visual Basic, Semuanya akan Eltron jelaskan satu-satu agar kalian dapat mengerti betul masing-masing project tersebut..


  • Standard EXE 

Project standar dalam Visual Basic dengan komponen-komponen standar. Project ini yang akan Eltron jelaskan untuk dasar-dasar karena memiliki keunggulan bahwa ketika kalian menggunakan Project ini semua komponennya dapat di input oleh semua unit komputer dan semua pengguna.. Contoh, Eltron menggunakan sebuah project sederhana dengan Standard EXE. Lalu Eltron ingin membagikan project sederhana itu kepada kalian, maka ketika Eltron telah menyerahkan Project itu. Kalian dapat mengubah Project itu dengan Total..

  • Active EXE 

Project ini adalah project ActiveX yang memiliki isi komponen-komponen yang dapat berinteraksi dengan semua aplikasi sistem operasi Windows.

  • Active DLL

Project ini menghasilkan sebuah aplikasi library yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua aplikasi sistem operasi Windows.

  • ActiveX Control

Project ini dapat menghasilkan komponen-komponen baru untuk aplikasi Visual Basic yang lain.

  • VB Application Wizard

Project ini dapat memandu pengguna untuk membuat aplikasi secara mudah tanpa harus pusing-pusing dengan perintah-perintah pemrograman.

  • Addin

Project yang hampir mirip dengan Standard EXE tetapi memiliki kelebihan dengan berbagai komponen tambahan yang memungkinkan kebebasan kreasi dari pengguna.

  • Data Project

Project yang satu ini memiliki kelebihan dapat melengkapi komponennya dengan komponen-komponen database. Sehingga project ini sangat cocok untuk keperluan database.

  • DHTML Application

Project ini dapat membuat aplikasi internet pada sisi client dengan fungsi-fungsi DHTML

  • IIS Application

Project ini juga dapat menghasilkan aplikasi internet namun pada sisi server dengan menggunakan komponen-komponen CGI ( Common Gateway Interface )

Membuat Project Sederhana

     Ok.. Saatnya kalian membuat sebuah Project sederhana.. Ingat ya , sederhana, jika kalian tidak puas dengan hasilnya maka wajar.. Artinya kalian memiliki ambisi untuk terus membuat yang lebih sulit dari yang pertama. Disini kalian belum akan menggunakan Script untuk program, karena ini hanya mengenalkan dasar-dasar dahulu. Baiklah untuk langkah-langkahnya ikuti seperti berikut.

Langkah-langkah membuat project Sederhana

1. Buat Standard EXE dahulu..
2. Setelah buat maka tampilan akan seperti berikut.
Gambar 1.3 Tampilan setelah membuat Standard EXE

3. Lalu buat sebuah Label, dengan klik ikon label pada Toolbox. Lalu buat sebuah bentuk persegi panjang dengan cara klik lalu tarik dan lepas.. 
Gambar 1.4 Buat bentuk persegi panjang seperti berikut

4. Langkah selanjutnya adalah memberikan teks atau tulisan pada label, misalnya " Selamat Datang", maka pilih properti Caption, lalu isi dengan "Selamat Datang". Maka hasilnya sebagai berikut.
Gambar 1.5 Ganti caption di Properties maka akan berubah di Form

5. Untuk menjalankan program kalian tekan tombol F5 pada keyboard.

Gambar 1.6 Hasil setelah di Jalankan menggunakan F5

Penutup

Baiklah, Untuk dasar-dasar menurut Eltron itu sudah cukup, Untuk lebih lanjutnya ikuti terus Postingan dari Eltron atau sekalian Subscribe blog Eltron.. Ingat ini pengenalan dasar-dasar Visual Basic, artinya kalian akan belajar awal mulanya Visual Basic.. 
Sekian saja Informasi yang dapat Eltron bagikan, semoga dapat bermanfaat dengan adanya Informasi ini..


Terima Kasih Telah Berkunjung

2 komentar

race tech titanium - Titanium Art - TITanium Art
Racing Titanium - 토토 꽁머니 TITanium Art. Horse racing Titanium - TITanium grade 5 titanium Art. Horse racing ecm titanium Titanium. A titanium tent stove horse racing titanium. joico titanium


EmoticonEmoticon