Selasa, 22 Desember 2015

Beberapa Cara yang dapat Memulihkan Atau Mengembalikan Data-data yang Terhapus

Assalamualaikum Wr.Wb.

Eltron26- Ok.. Kembali dengan Eltron, Kali ini Eltron akan membahas tentang beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memulihkan atau mengembalikan data-data yang terhapus, Dari SD Card, Flash Disk, Harddisk maupun yang lainnya. Ada 2 penyebab hilangnya sebuah data, penyebab pertama dikarenakan Kalian tidak sengaja menghapus data tersebut, seperti lupa, atau pun ada teman kalian yang usil. Penyebab kedua, dikarenakan kalian sengaja menghapus data tersebut karena sudah tidak dibutuhkan lagi.
Sebenarnya ada banyak software yang berguna untuk mengembalikan data-data yang sudah terhapus, namun kali ini Eltron hanya akan memberikan beberapa cara saja. Eltron akan memberikan 3 cara yang cukup ampuh agar data-data yang sudah kalian hapus dapat kembali.

Sedikit Catatan untuk yang baru saja terjun ke dunia komputer : Mengembalikan data-data yang telah terhapus dapat kalian gunakan cara berikut jika kalian baru saja tidak sengaja menghapusnya. Ikuti Langkah-langkahnya.

1. Masuk ke dalam Recyle Bin yang berada di bagian Desktop kalian dengan cara klik dua kali pada logo tong sampah, Perhatikan gambar.


2. Sudah masuk kedalam Recycle Bin kalian dapat melihat data-data yang telah kalian hapus dari komputer kalian. NB : Jika kalian menghapus SD Card Melalui komputer kalian, Maka Cara Ini Tidak Bisa Digunakan.

3. Sebelumnya kalian dapat melihat dahulu data-data tersebut dahulunya berada dimana, dengan cara klik kanan pada data tersebut, lalu Pilih Properties. Maka akan tertera lokasi sebenarnya.

4. Jika ingin mengembalikan caranya klik kanan pada data, lalu Pilih Restore. Maka data akan kembali ke tempat terakhir data tersebut dihapus.




Ok.. Lanjut saja cara untuk mengembalikan data-data yang sudah benar-benar terhapus dari komputer kalian. Ada contoh yang ingin Eltron tunjukkan, Ketika kalian sedang membuka SD Card kalian di Komputer, lalu kalian menghapus salah satu data didalam SD Card tersebut. Maka cara yang tepat untuk mengembalikan data tersebut adalah menggunakan cara-cara berikut, Cara diatas tidak bisa untuk mengembalikan data dalam SD Card kalian.

Menggunakan Software Puran File Recovery

1. Download Puran File Recovery di Google atau bisa klik Disini
2. Instal seperti biasa...
3. Catatan : Jika kalian ingin menghapus data yang berada di SD Card atau pun sejenisnya, Masukan dulu Sd Card atau sejenisnya kedalam komputer kalian. Lalu buka aplikasinya.
4. Pilih Drive yang mana yang ingin kalian scan. Untuk SD Card biasanya Drive I: , G: , H: . Namun tergantung komputer kalian.
5. Jika sudah pilih, lalu klik Scan, Tunggu hingga proses scan selesai.
6. Jika sudah selesai, maka akan muncul beberapa data-data yang telah terhapus.Namun jangan senang dulu, karena tidak semua data-data tersebut dapat di kembalikan dengan kondisi yang baik. Hanya yang memiliki kondisi Excellent saja yang dapat kalian kembalikan.
7. Untuk mengembalikannya kalian hanya perlu centang kotak yang berada di sebelah kiri nama dari data-data tersebut lalu klik tombol Recovery --> Just Recovery.
8. Langkah selanjutnya adalah menentukan folder manah yang akan kalian simpan data-data tersebut.
9. Jika muncul peringatan Klik saja YES
10. OK, Enjoyy...

Menggunakan Glary Undelete

1. Sama seperti Puran. Download Glary Undelete Di Google atau klik Disini
2. Instal seperti biasa...
3. Catatan : Jika kalian ingin menghapus data yang berada di SD Card atau pun sejenisnya, Masukan dulu Sd Card atau sejenisnya kedalam komputer kalian. Lalu buka aplikasinya.
4. Pilih Drive yang mana yang ingin kalian scan. Untuk SD Card biasanya Drive I: , G: , H: . Namun tergantung komputer kalian.
5. Klik Scan, Tunggu proses Scan..
6. Untuk mengembalikan beri tanda ceklis pada data yang ingin kalian kembalikan.
7. Lalu Klik Restore
8. Tentukan Folder dimana kalian akan menyimpan data-data tersebut.
9. Sama seperti Puran, Glary Undelete juga hanya dapat mengembalikan data-data dengan bagus jika kondisinya Very Good.
10. Enjoyy....

Menggunakan Recuva

1. Sama seperti yang lain. Download Recuva dan Crack-nya disini atau cari di Google
2.  Untuk Proses instalannya bisa Lihat di google, Maaf Eltron belum membuatnya..
3. Catatan : Jika kalian ingin menghapus data yang berada di SD Card atau pun sejenisnya, Masukan dulu Sd Card atau sejenisnya kedalam komputer kalian. Lalu buka aplikasinya.
4. Pada tampilan awal Recuva, Klik Next --> Other --> In a Specific Location, lalu pilih yang akan di scan, Klik next lagi Centang pada kotak Deep a Scan atau Lakukan pendalaman scan.
5. Tunggu Proses..
6. Jika sudah selesai pilih data yang akan di kembalikan.
Catatan: Data yang memiliki logo berwarna Merah Artinya Tidak mungkin Untuk di kembalikan
              Data yang memiliki logo berwarna kuning Artinya Masing Bisa untuk dikembalikan
              Data yang memiliki logo berwarna Hijau Artinya Sangat Bisa untuk dikembalikan
7. Klik Recover,
8. Pilih Folder dimana kalian akan menyimpan data-data tersebut.
9. Enjoyy....


Ok... 3 Cara di atas adalah cara yang sangat ampuh menurut Eltron, sebenarnya masih ada Software seperti Pandora Recovery,SoftPerfect File Recovery, Dll. Software-software tersebut menurut Eltron tidak cukup ampuh untuk mengembalikan data-data yang hilang. Ketiga Software yang telah Elron berikan caranya di atas merupakan Cara yang sangat Eltron sarankan. Untuk itu, kalian tidak salah jika ingin mencoba ketiga software tersebut, disisi lain software-software di atas merupakan software yang berukuran kecil semua..

Baiklah, Semoga Informasi Di atas dapat bermanfaat untuk kalian semua.


Terima Kasih Telah Berkunjung

2 komentar

Makasi gan Info nya
tapi kalau File nya kehapus Permanent gimana gan cara balikin nya?

kalo Permanen sama ajah gan, di coba dulu ajah caranya .. liat kondisinya mash bgus apa ga , kalo bgus ya kemungknan bisa kembali gan


EmoticonEmoticon