Jumat, 08 Januari 2016

Mengenal Cells di Microsoft Excel 2007 [Lengkap]

Assalamualaikum Wr.Wb.

Gambar 1.0 Icon Mengenal Cells

   Eltron26- Apa kabar nih ?? Sudah lama tidak menulis blog, kali ini Eltron akan memberitahu kepada kalian semua yang ingin memperdalam tentang Microsoft Excel 2007. Di dalam Microsoft Excel ada yang namanya Sel/Cells, kalian harus memahami Sel agar mengembangkan ilmu kalian di Microsoft Excel lebih mudah.
Sel adalah Potongan antara Baris dan Kolom. Misalnya lihat gambar di bawah ini, Gambar di bawah memiliki arti bahwa sel A1 terdapat di kolom A dan baris ke 1, Sel B3 terdapat di kolom A dan baris ke 5, dan Sel C5 terdapat di kolom C dan baris ke 5.



Mudah saja jika ingin membedakan kolom dan baris. Anggap saja yang Huruf adalah kolom dan yang Angka adalah Baris.


 Bagaimana sudah mengerti Kolom dan Baris ?? Selanjutnya kalian harus mengerti apa itu Range..? Ya, Range adalah kumpulan Sel pada daerah yang kalian blok. Misalnya, perhatikan lagi gambar di bawah. Gambar di bawah ini memiliki arti bahwa Range A1:B5 adalah kumpulan sel yang di mulai dari A1, A2, A3, A4, A5, B1, B2, B3, B4, B5. Dan Range F5:G6 adalah kumpulan sel yang di mulai dari F5, F6, G5, G6..


Arti Singkat Range adalah Kumpulan Sel. Baiklah, Jika Range dan Sel sudah mengerti maka selanjutnya kita kembangkan ilmu dari kedua dasar tersebut. Eltron akan memberikan 2 Cara yang berhubungan dengan Sel.. Diantaranya sebagai berikut.

1. Mengenal Drag Copy


   Kalau kalian sudah mengerti apa itu Sel, maka kalian akan dengan mudah menggunakan Drag Cells. Cara ini berfungsi untuk menggandakan Sel - Sel yang sudah berisi data-data. Contoh, Eltron ingin menggandakan tulisan yang ada pada Sel A1 menjadi ada pada Sel yang di bawahnya sampai Sel A5.. Maka Caranya adalah ..

1.) Klik pada sel yang sudah terisi text
2.) Lalu arahkan Pointer Mouse ke sebelah kanan bawah kotak sel sampai Pointer Mouse berubah Menjadi bentuk ( Plus ) Seperti ini :  +


3.) Setelah itu Drag dengan cara Klik pada tombol Mouse bagian kiri lalu tekan dan arahkan ke bawah sampai Sel A5.

4.) Lepas jari kalian pada tombol kiri Mouse.


5.) Selesai.. Tulisan tersebut sudah menjadi banyak ke bawah..

NB: Kalian hanya bisa melakukan cara ini ke Bawah saja, Tidak bisa ke arah lain. 
Teknik ini disebut Drag

Lihat Animasi berikut untuk lebih jelasnya.




2. Mengenal Otomatis Numbering


   Cara di atas dapat kalian lakukan jika kalian ingin menggandakan text yang sama, namun jika kalian ingin menggandakan Angka secara berurutan dengan otomatis dalam artian kalian tidak perlu menulis satu per satu angka tersebut maka cara berikut lah yang harus kalian lakukan.
Contoh lagi, Eltron ingin Urut-kan angka 1 pada Sel A1 sampai angka 10 yang ada pada Sel A10. Maka caranya adalah..

1.) Klik pada Sel 1 ( yang ada angka 1 )


2.) Lakukan cara yang sama pada cara yang di atas yaitu arahkan Mouse ke pojok kotak Sel sebelah kanan bawah sampai Pointer berubah menjadi bentuk ( Plus ) yaitu seperti :  +
3.) Jika sudah maka Tekan CTRL pada keyboard kalian. Maka gambar Pointer akan berubah menjadi ada 2 bentuk Plus.. 1 Besar dan 1 lagi Kecil berada di sebelah kanan atas yang besar.
4.) Lalu Drag sampai ke bawah ke Sel A10.


5.) Selesai .. Angka 1 sudah berurutan sampai 10..

NB : - Cara di atas adalah contoh , kalian dapat mengubah letak SEL sesuai yang ingin kalian lakukan. dan Sampai berapa saja angka yang ingin kalian urutkan..
- Pengurutan angka tidak harus dari 1 , Kalian dapat melakukannya dari angka berapa pun.

Untuk lebih jelasnya lihat Animasi Berikut.\



Ok .. Bagaimana ? Sebenarnya hal - hal di atas itu mudah jika kalian menganggapnya mudah, Tidak usah di buat pusing jika kalian benar-benar ingin memperdalam Ilmu Microsoft Excel.. Bersungguh- sungguh akan lebih baik hasilnya jika kalian hanya melihat dan tidak langsung praktek. Baca Dengan Teliti Jika Kalian Ingin Sungguh-Sungguh Belajar.
Jika kalian ingin bertanya sesuatu kalian bisa pergi ke Contact Me dan menghubungi Eltron.
Baiklah , Sekian saja Informasi yang dapat Eltron berikan kepada kalian semua, Semoga Bermanfaat..


Terima Kasih Telah Berkunjung 

3 komentar

Terima kasih gan tutornya sangat bermanfaat sekali, khususnya bagi saya yang masih menekuni excel untuk tugas tertentu

Makasih ilmunya gan.. buat tambah2 referensi sy, kebetulan blog saya juga membahas topik komputer.


EmoticonEmoticon